| |

Shalom para pembaca yang terkasih,

kepsek sd 9 2018Kami sangat bersyukur kepada Tuhan karena telah menyertai SD Kristen Petra 9 selama 33 tahun sebagai sekolah yang berada di bawah naungan PPPK Petra, dengan dilandasi sebuah visi yaitu menjadi lembaga pendidikan Kristen yang holistis, inspiratif, dan berprestasi bagi Tuhan serta sesama, serta dilengkapi dengan misi: melaksanakan proses pendidikan yang siswa, pengajar, dan staf lainnya, serta pengurus, mampu mengenal, menumbuhkan, dan menggunakan, serta menikmati, seluruh potensi yang Tuhan sudah berikan sebagai berkat-Nya, sehingga dirinya secara pribadi dan bersama menjadi berkat bagi orang lain.

Sebagai sebuah sekolah di bawah Perhimpunan Pengajaran dan Pendidikan Kristen pada era modern ini, kami tidak menutup mata dengan fenomena kemajuan teknologi yang semakin pesat. Kami melihat fenomena ini sebagai sebuah kesempatan, yang mana pembelajaran berbasis teknologi mulai diberlakukan. Salah satunya melalui Flipped Classroom. Melalui program ini, siswa dapat mempelajari materi terlebih dahulu melalui video pembelajaran di luar jam sekolah. Pemanfaatan kegiatan belajar di kelas digunakan untuk berdiskusi dan mengerjakan proyek serta mempermudah siswa untuk saling berinteraksi dan belajar bersama-sama.

English Fun Learning juga menjadi sebuah metode pembelajaran bahasa Inggris yang diberlakukan di SD Kristen Petra 9. Pembelajaran menggunakan berbagai metode dan kegiatan kelas yang menyenangkan serta suasana yang hangat. Melalui suasana belajar yang menyenangkan, diharapkan siswa lebih mudah untuk menerima dan memahami apa yang diajarkan oleh guru.

Program unggulan Excellent Mathematics bertujuan meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam pelajaran Matematika. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya siswa-siswi dari SD Kristen Petra 9 yang telah berhasil menjadi juara Olimpiade Matematika baik di tingkat kota, provinsi, nasional, hingga tingkat internasional. Selain itu, Matematika merupakan dasar yang penting dalam kerangka berpikir siswa yang terus dipakai sampai kapan pun juga.

Sesuai dengan program yang dicanangkan oleh PPPK PETRA, yaitu Education Beyond Academic, maka selain nilai secara akademik, kami juga mendidik serta memperhatikan perkembangan siswa untuk memiliki karakter yang baik melalui Pendidikan Karakter Kristiani.

Kurikulum 2013 juga diberlakukan di SD Kristen Petra 9 pada tahun ajaran 2016/2017 ini, khususnya bagi siswa kelas I dan IV. Sedangkan kelas II, III, V, dan VI, menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Outcomes SD Kristen Petra 9 tidak hanya memperhatikan sisi akademik saja, tetapi juga memperhatikan beberapa aspek penting lainnya yang telah kami bentuk dalam sebuah program Student Learning Outcomes (SLO), antara lain Physical Growth, Emotional Intelligence, Talent Development, Religious Education, dan Academic Excellence. Melalui program mentoring, kami membuat laporan perkembangan siswa mengenai aspek-aspek tersebut yang akan disampaikan kepada orang tua, melalui Laporan Perkembangan P.E.T.R.A.

Memahami betapa pentingnya proses belajar, kami juga memberikan berbagai pelatihan kepada para tenaga pendidik untuk mendapatkan bekal informasi serta keterampilan dalam mendidik dan membimbing siswa dengan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Selain pelatihan secara pengetahuan dan akademik, para pendidik juga dibekali dengan program KAMBIUM (Komunitas Pertumbuhan Iman untuk Menjadi Murid Kristus) yang merupakan sebuah wadah bagi guru untuk semakin mengenal Kristus, sehingga karakter Kristus menjadi semakin terpancar dalam diri para pendidik dalam mendidik dan membimbing para siswa.

Mulai tahun ajaran 2016/2017, kami juga memberlakukan program Lima Hari Sekolah. Harapan kami agar siswa juga memiliki waktu yang berkualitas bersama keluarga, supaya karakter yang positif juga dapat dibentuk dari dalam keluarga.

Agar SD Kristen Petra 9 menjadi semakin baik, kami tetap mengharapkan adanya kerjasama, saran, dan kritik yang dapat membangun dari semua pihak. Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Tuhan Yesus memberkati.

boost the values reap the success