| |

Excellent Life Skills Piano

els_piano_02.jpgels_piano_01.jpg

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kreativitas adalah melalui seni. Dengan seni, seseorang dapat mengembangkan ekspresinya secara non-verbal. Seni juga ampuh untuk mengembangkan aspek kognitif, sosial, dan emosi. Di SD Kristen Petra 9 bagi siswa yang memiliki jiwa seni musik dapat mengikuti ELS piano untuk mengembangkan bakatnya. Kegiatan ELS piano ditujukan untuk membekali murid dengan ketrampilan bermain musik dengan cara yang khusus, program yang dirancang mudah dimengerti dan fun. Pelajaran yang diajarkan meliputi posisi duduk yang benar, mengenali chord, interval, not, tanda istirahat, rhythm, serta memainkan lagu-lagu dengan ekspresi.

Excellent Life Skills Robotic

els_robotik_01.jpgels_robotik_02.jpg

Di era globalisasi saat ini kita dituntut memiliki wawasan yang luas, kemampuan berpikir, dan berkreasi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan informasi (dan perembangan teknologi yang cepat. Dunia robotik kini makin dekat dengan pelajar Indonesia. SD Kristen Petra 9 tidak hanya memfokuskan pada pengembangan pengetahuan yang bersifat teori, tetapi juga memperhatikan proses berpikir dan tingkah laku seseorang. Salah satu kegiatan untuk mengembangakan pola berpikir dan kreativitas anak dengan kegiatan Excellent Life Skill (ELS) Robotik yang dilaksanakan pada hari Senin oleh siswa kelas IV dan V. ELS Robotik sudah berjalan memasuki tahun ke dua dan merupakan salah satu ELS yang banyak peminatnya. Kegiatan yang dilakukan dalam ELS ini antara lain membuatberaneka macam robot sederhana dengan menggunakan tehnik building programming dan membuat mobil kreatif sesuai imajinasi anak-anak. Diharapkan melalui ELS ini, para siswa menjadi lebih akrab terhadap teknologi dan membuat mereka tidak canggung lagi mendalami, mempelajari, dan berinteraksi dengan ilmu teknologi yang lebih serius nantinya. Dengan begitu, transfer teknologi yang diberikan kelak, di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, bisa dengan mudah diserap kemudian diimplementasikan untuk kepentingan manusia.

 

Excellent Life Skill - Presenter

presenter

Talenta yang dimiliki oleh anak, salah satu diantaranya menjadi reporter. Tidak mudah untuk menjadi seorang reporter, perlu memiliki rasa percaya diri, kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan menarik, juga memiliki wawasan yang luas. SD Kristen Petra 9 memberi wadah bagi siswa kelas IV dan V yang memiliki bakat di bidang presenter, dengan mengikuti kegiatan ELS presenter yang akan membina anak-anak menjadi presenter yang handal. Pengajarnya memiliki kompetensi yang bagus di bidang broadcasting dengan menggunakan sistem pengajaran metode WLP (watch, learn, & practice). Melihat tahapan persiapan dan tim untuk memulai suatu proses re;portase di lapangan dari sebuah acara, mempelajari teknik dasar keseluruhan tahapan proses penyiaran, dan mempraktikkan semua yang sudah dipelajari. Kini SD Kristen Petra 9 memiliki presenter-presenter cilik yang siap tampil untuk mengisi acara di berbagai kegiatan di sekolah.

Excellent Life Skills Tari Tradisional

Di zaman globalisasi ini sangatlah penting untuk mengenalkan budaya tradisional pada anak-anak agar mereka lebih paham dan membangun cinta terhadap tanah air. Salah satu caranya adalah dengan belajar tarian daerah/ tradisional. Secara umum tari memiliki beberapa fungsi antara lain: ekspresi budaya, media komunikasi, salah satu bentuk seni, dan alat sosialisasi pula. Seperti yang dilaksanakan di SD Kristen Petra 9 yaitu melalui ELS tari tradisional. ELS ini dikuti oleh siswi kelas IV. Mereka sangat antusias dalam mengikuti gerakan-gerakan guru tari yang dengan sabar dan telaten mengajari mereka. Betapa banyak manfaat yang bisa diperoleh anak saat mereka belajar dan berkegiatan menari karena menari merupakan bagian penting dari cara ekspresi diri.

Excellent Life Skills English

 

Kita semua tahu bahwa bahasa Inggris digunakan secara internasional. Artinya masyarakat yang berasal dari beragam latar belakang geografi, agama dan kultur telah memiliki suatu media yang disepakati untuk berkomunikasi satu sama lainnya, yaitu Bahasa Inggris. Sehingga jika ingin berwawasan dan berpengetahuan luas maka bahasa Inggris adalah sesuatu yang sangat penting untuk dipelajari. Bahasa Inggris memberi ruang gerak yang seluas-luasnya kepada kita untuk larut menjadi bagian dari komunitas global masyarakat dunia.

boost the values reap the success