| |

Things Can Make Sound

Bu Wahju hari ini masuk ke kelas dengan membawa gitar di tangannya. Aku dan teman-temanku terheran-heran, karena hari itu tidak ada pelajaran seni musik, lalu untuk apakah Bu Wahju membawa gitar? Padahal siang itu adalah pelajaran science.

WhatsApp Image 2020 02 17 at 12.36.35 WhatsApp Image 2020 02 17 at 12.37.38

Bu guru kemudian memetik gitar yang ada di tangannya. Teman-teman pernahkah kalian mendengarkan suara gitar? Tahukah kalian mengapa gitar dapat mengeluarkan bunyi? Yuuuups…ternyata Bu Wahju kali ini ingin mengajarkan kepada kami anak-anak kelas II SD Petra 9 tentang bunyi. Bunyi dari gitar itu timbul karena adanya getaran pada senar gitar. Sebetulnya tidak hanya gitar atau alat musik saja yang dapat menimbulkan suara.  Benda-benda di sekitar kita pun dapat menimbulkan suara jika ada getaran ataupun digerakkan. Bu Wahju mengajak kami membunyikan benda yang kami miliki yaitu penggaris. Kami pun melakukan percobaan dengan menggetarkan penggaris masing-masing, dan penggaris yang bergetar itu menimbulkan bunyi. Kami senang sekali mengikuti pelajaran science kali ini karena kami bisa melakukan percobaan menggunakan alat-alat yang ada di sekitar kami. Semangat terus untuk belajar ya teman-teman!!!

Melukis dengan Daun??

WhatsApp Image 2020 03 04 at 17.52.55

Hai teman-teman, beberapa waktu yang lalu kami anak-anak kelas II SD Kristen Petra 9 diberi tugas oleh Ibu Inez. Beliau adalah guru seni lukis kami. Bu Inez menyuruh setiap siswa membawa beberapa daun kering. Awalnya kami dibuat penasaran, mengapa kami harus membawa daun-daun kering di pelajaran seni lukis.

Tahukah kalian, ternyata daun kering yang kami bawa ini akan digunakan untuk melukis. Pelajaran melukis kali ini berbeda dari biasanya. Biasanya melukis hanya menggunakan pensil warna, namun kali ini kami menambahkan gambar menggunakan daun kering yang sudah dibawa sebelumnya. Kami membuat kupu-kupu dan tanaman dari daun kering. Daun-daun kering yang dibawa kami susun kemudian ditempel di buku gambar. Sungguh menarik dan menyenangkan sekali pelajaran seni lukis kali ini. Kalian pun juga bisa mempraktekkannya di rumah lho, untuk mengasah kreatifitas kita.

WhatsApp Image 2020 03 04 at 17.52.56

Yeeeaaay…! They Start to Grow!

menanam_04.jpgmenanam_02.jpgmenanam_01.jpgmenanam_03.jpgmenanam_05.jpg

Horeeee…!!! Kecambahku mulai bertumbuh! Beberapa hari yang lalu, seluruh siswa kelas II SD Kristen Petra 9 membawa biji kacang hijau, kapas, dan gelas air mineral bekas. Tahukah kalian apa yang akan kami lakukan? Yups! Betul sekali! Pada pelajaran sains kali ini, kami akan mengamati pertumbuhan tanaman.

Menariknya adalah kami tidak menanam di tanah, tetapi di kapas yang kami bawa itu. Hmmm… apa bisa ya, menanam di kapas? Ternyata… kata ibu guru kami, kapas bisa digunakan untuk menanam. Kami pun tidak sabar ingin melihat pertumbuhan kacang hijau itu. Sambil menunggu pertumbuhan kacang hijau, kami juga mengamati tanaman yang ada di lingkungan sekolah kami. Kami juga disuruh menggambarkan beberapa contoh tanaman yang kami amati itu. Ternyata, pertumbuhan tiap tanaman itu berbeda-beda. Ada tanaman yang cepat bertumbuh, namun juga ada tanaman yang tidak bertumbuh dengan cepat.

Tanaman membutuhkan air dan sinar matahari untuk bertumbuh. Setiap pagi hari, kami memberi air secukupnya pada kacang hijau kami masing-masing. Selama satu minggu lebih dalam bulan September 2019 itu, kami mengamati pertumbuhannya. Waaaww… setelah beberapa hari kami siram, kacang hijau itu sudah mulai bertumbuh menjadi kecambah. Senang sekali kami bisa melihat tanaman kami bertumbuh, meskipun tingginya berbeda-beda.

Makan Sayur

makan sayur 02

Apa menu makananmu hari ini, teman-teman? Pasti menunya yang bergizi dan berkualitas tinggi ya. Pagi ini Selasa, 20 Agustus 2019 setelah mengikuti kegiatan fun gym , kami siswa SD Kristen Petra 9 melanjutkan acara gerakan makan sayur. Kalian juga suka pasti senang makan sayur dan buah sama seperti aku?  Kalau kalian tidak suka makan sayur dan buah, ayo.... mulai sekarang mulailah untuk membiasakan mengkonsumsi makanan tersebut.

Apa saja sih manfaatnya kalau kita suka makan sayur dan buah?

Yupp... ini teman-teman manfaat kalau kita suka makan sayur dan buah.  Kedua makanan itu mengandung vitamin dan mineral...., serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Di dalam sayur dan buah terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor, dan asam folat yang baik untuk tubuh kita. Sedangkan serat dalam sayur dan buah berperan penting dalam mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh kita misalnya; penyakit jantung, diabetes, stroke, dan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Nah...bagaimana teman-teman tentang manfaat makan sayur dan buah? Masihkah kamu malas makan sayur dan buah dari sekarang? Kalau masih malas ayo mulailah dari sekarang sebelum terlambat. Sayangi tubuhmu dan jaga pola hidup sehat.

makan sayur 01

Entrepreneurship

Dunia pendidikan bukan hanya berbicara mengenai kemampuan siswa dalam menguasai ilmu pengetahuan saja, namun juga usaha mengembangkan kemandirian, talenta serta kreativitas dalam dirinya. SD Kristen Petra 9 memandang hal ini sebagai sesuatu yang sangat penting sebagai bekal siswa di masa yang akan datang.

Selain diajarkan untuk menguasai berbagai materi pelajaran yang penting sebagai bekal pendidikan ke jenjang selanjutnya, siswa juga dibina untuk menjadi anak yang kreatif dalam berkarya, salah satunya melalui kegiatan kewirausahaan.
Siswa kelas VI mencoba untuk membuat kue pukis. Dengan semangat dan sukacita, siswa melakukan setiap instruksi yang diberikan oleh guru. Di dalam kelompok, sudah ditentukan tugas dari masing-masing anggota kelompok. Ada yang membuat adonan, ada yang menyiapkan toping berupa meses dan keju. Masing-masing kelompok terlihat kompak dan berantusias membuat kue pukis. Para siswa terlihat sangat enjoy melakukan kegiatan ini.
Tak lama kemudian, adonan pertama yang dituang ke dalam pencetak pukis sudah matang. Tak sabar beberapa siswa mulai mengangkat kue pukis yang sudah matang tersebut pada tempat yang disediakan. "Boleh ya aku cicipi?...", celetuk salah satu siswa ketika melihat temannya mengangkat kue pukis yang sudah matang dari wajan pencetak pukis. Horeeeeee..... pukisnya sudah jadi!.

Melalui kegiatan ini, siswa menjadi lebih kreatif dan terampil guna pengembangan dirinya.

boost the values reap the success