| |

Healthy food

WhatsApp_Image_2020-10-23_at_10.32.40_2.jpegWhatsApp_Image_2020-10-23_at_10.32.40_3.jpegWhatsApp_Image_2020-10-23_at_10.32.40_1.jpegWhatsApp_Image_2020-10-23_at_10.32.40.jpeg

Hai teman-teman, bagaimana kabar kalian semua?? Aku berharap kalian semua masih dalam keadaan yang sehat ya, di tengah-tengah virus covid-19 yang masih melanda Negara Indonesia ini. Kita belum bisa bertemu secara langsung dengan teman-teman dan bapak ibu guru. Sedih dan terkadang bosan sekali rasanya hanya berjumpa lewat aplikasi Zoom, namun ini yang terbaik untuk kita supaya Indonesia segera terbebas dari virus covid-19.

Di saat kondisi yang masih belum baik ini, kita harus tetap menjaga kesehatan dengan cara berolahraga serta memakan makanan yang bergizi dan menyehatkan. Salah satu program dari SD Kristen Petra 9 yang menunjang kesehatan kita adalah dengan gerakan makan sayur (healthy food). Meskipun dalam keterbatasan, sejak bulan Oktober ini kita diajak untuk melakukan gerakan makan sayur di rumah masing-masing pada saat istirahat. Hal ini cukup menyenangkan untukku dan teman-teman karena dapat beristirahat sambil menikmati makanan sehat yang disediakan oleh orang tua di rumah. Bersyukur kita masih bisa menikmati makanan yang menyehatkan tubuh kita. Jangan lupa berterima kasih kepada Tuhan serta orang tua yang sudah menyediakan makanan tersebut untuk kita.

 Boneka Ani Menjadi Teman Belajarku

WhatsApp_Image_2020-05-16_at_21.24.17_1.jpegWhatsApp_Image_2020-05-19_at_20.00.22_2.jpegWhatsApp_Image_2020-05-15_at_17.11.41.jpegWhatsApp_Image_2020-05-19_at_20.00.22.jpegWhatsApp_Image_2020-05-19_at_20.00.22_1.jpeg

Halo anak-anak… bagaimana kabar kalian? Semoga semuanya baik dan sehat ya… Pandemi Covid-19 membuat kita semua tidak dapat bertemu secara langsung seperti biasanya. Namun, biarlah hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi kita semua untuk tetap memiiki semangat belajar dan mengajar. Kali ini Ibu mengajak tamu khusus untuk menemani siswa kelas 1 SD Kristen Petra 9 dalam belajar. Siapa dia? Pasti teman-teman di kelas 1 SD Kristen Petra 9 mengetahuinya… Ya, betul sekali, Ani. Pada topik “Apa Sih Arti Pekerjaan?” kali ini, Ani akan menemani Ibu untuk menyampaikan materi melalui video yang menarik. Ibu harap video kali ini dapat membuat teman-teman di kelas 1 lebih mudah memahami arti pekerjaan. Kalian bisa mengenal dan menyebutkan macam-macam pekerjaan juga, mengapa harus bekerja, dan masih banyak lagi. Tidak hanya belajar, tetapi Ani dan teman yang lain juga akan mengajak kalian semua untuk bernyanyi bersama. Wah pasti seru video pembelajaran kali ini. Tentunya Ibu juga terus belajar dan mencoba berbagai macam aplikasi agar video yang dihasilkan menjadi lebih menarik. Maka dari itu, mari kita bersama-sama memiliki semangat untuk belajar.Tidak hanya Ibu, tetapi kalian juga dapat menciptakan hal-hal yang kreatif selama masa pandemi Covid-19 ini. Oke, Ibu sudah tidak sabar ingin membuat video menarik lainnya. Apakah Ibu akan ditemani Ani lagi? Atau akan ditemani oleh teman yang lainnya? Kalian tunggu yaaa…. Jangan lupa jaga kesehatan dan terus berdoa agar pandemi Covid-19 cepat berlalu. Bye.. Bye.. God bless you. (Ratri D9)

Things Can Make Sound

Bu Wahju hari ini masuk ke kelas dengan membawa gitar di tangannya. Aku dan teman-temanku terheran-heran, karena hari itu tidak ada pelajaran seni musik, lalu untuk apakah Bu Wahju membawa gitar? Padahal siang itu adalah pelajaran science.

WhatsApp Image 2020 02 17 at 12.36.35 WhatsApp Image 2020 02 17 at 12.37.38

Bu guru kemudian memetik gitar yang ada di tangannya. Teman-teman pernahkah kalian mendengarkan suara gitar? Tahukah kalian mengapa gitar dapat mengeluarkan bunyi? Yuuuups…ternyata Bu Wahju kali ini ingin mengajarkan kepada kami anak-anak kelas II SD Petra 9 tentang bunyi. Bunyi dari gitar itu timbul karena adanya getaran pada senar gitar. Sebetulnya tidak hanya gitar atau alat musik saja yang dapat menimbulkan suara.  Benda-benda di sekitar kita pun dapat menimbulkan suara jika ada getaran ataupun digerakkan. Bu Wahju mengajak kami membunyikan benda yang kami miliki yaitu penggaris. Kami pun melakukan percobaan dengan menggetarkan penggaris masing-masing, dan penggaris yang bergetar itu menimbulkan bunyi. Kami senang sekali mengikuti pelajaran science kali ini karena kami bisa melakukan percobaan menggunakan alat-alat yang ada di sekitar kami. Semangat terus untuk belajar ya teman-teman!!!

Melukis dengan Daun??

WhatsApp Image 2020 03 04 at 17.52.55

Hai teman-teman, beberapa waktu yang lalu kami anak-anak kelas II SD Kristen Petra 9 diberi tugas oleh Ibu Inez. Beliau adalah guru seni lukis kami. Bu Inez menyuruh setiap siswa membawa beberapa daun kering. Awalnya kami dibuat penasaran, mengapa kami harus membawa daun-daun kering di pelajaran seni lukis.

Tahukah kalian, ternyata daun kering yang kami bawa ini akan digunakan untuk melukis. Pelajaran melukis kali ini berbeda dari biasanya. Biasanya melukis hanya menggunakan pensil warna, namun kali ini kami menambahkan gambar menggunakan daun kering yang sudah dibawa sebelumnya. Kami membuat kupu-kupu dan tanaman dari daun kering. Daun-daun kering yang dibawa kami susun kemudian ditempel di buku gambar. Sungguh menarik dan menyenangkan sekali pelajaran seni lukis kali ini. Kalian pun juga bisa mempraktekkannya di rumah lho, untuk mengasah kreatifitas kita.

WhatsApp Image 2020 03 04 at 17.52.56

Yeeeaaay…! They Start to Grow!

menanam_04.jpgmenanam_02.jpgmenanam_01.jpgmenanam_03.jpgmenanam_05.jpg

Horeeee…!!! Kecambahku mulai bertumbuh! Beberapa hari yang lalu, seluruh siswa kelas II SD Kristen Petra 9 membawa biji kacang hijau, kapas, dan gelas air mineral bekas. Tahukah kalian apa yang akan kami lakukan? Yups! Betul sekali! Pada pelajaran sains kali ini, kami akan mengamati pertumbuhan tanaman.

Menariknya adalah kami tidak menanam di tanah, tetapi di kapas yang kami bawa itu. Hmmm… apa bisa ya, menanam di kapas? Ternyata… kata ibu guru kami, kapas bisa digunakan untuk menanam. Kami pun tidak sabar ingin melihat pertumbuhan kacang hijau itu. Sambil menunggu pertumbuhan kacang hijau, kami juga mengamati tanaman yang ada di lingkungan sekolah kami. Kami juga disuruh menggambarkan beberapa contoh tanaman yang kami amati itu. Ternyata, pertumbuhan tiap tanaman itu berbeda-beda. Ada tanaman yang cepat bertumbuh, namun juga ada tanaman yang tidak bertumbuh dengan cepat.

Tanaman membutuhkan air dan sinar matahari untuk bertumbuh. Setiap pagi hari, kami memberi air secukupnya pada kacang hijau kami masing-masing. Selama satu minggu lebih dalam bulan September 2019 itu, kami mengamati pertumbuhannya. Waaaww… setelah beberapa hari kami siram, kacang hijau itu sudah mulai bertumbuh menjadi kecambah. Senang sekali kami bisa melihat tanaman kami bertumbuh, meskipun tingginya berbeda-beda.

boost the values reap the success