| |

Science is Fun

DSC 0172

Wow!!! Permainan apa ini, sepertinya menarik sekali bagiku dan teman-teman kelas I SD Petra 9. Sambil mendengarkan Bu Wahyu berbicara, rasanya kami sudah tidak sabar untuk mengikutinya. Ternyata ini bukan sekadar bermain biasa lho, teman-teman! Ini adalah pembelajaran sains, atau dapat disebut juga sebagai Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dengan penuh semangat, kami semua mengikuti pembelajaran ini. Pada kegiatan kali ini, kami melakukan beberapa percobaan yang dilakukan di dalam kelas dan di halaman sekolah, seperti belajar tentang gaya dorong dan belajar tentang beberapa jenis benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik ataupun kurang baik.

DSC 0177

Ayo, teman-teman, dorong terus kursinya dengan kuat! Eh, kenapa kursi ini mudah sekali didorong di permukaan yang halus, tetapi sulit sekali didorong di permukaan yang kasar, ya!? Nah… itulah sedikit rasa ingin tahu kami saat melakukan percobaan. Namun setelah ibu guru menjelaskan pada sela-sela percobaan, kami jadi tahu kalau bentuk permukaan lantai akan memengaruhi gaya dorong akan suatu benda. Semakin kasar suatu permukaan, semakin besar pula penghalangnya. Hal itu juga berlaku sebaliknya. Semakin halus permukaan, semakin sedikit pula penghalangnya, sehingga kursi akan lebih mudah didorong. Nah… itulah ilmu yang kami dapatkan dari fun learning ini. Selain belajar, kami juga sekaligus bermain. Hehehe…!

Pada percobaan berikutnya, kami melakukan di luar kelas, yaitu di halaman sekolah. Kami belajar mengenali benda-benda penghantar panas yang baik, melalui uji coba menggunakan sendok yang dipanaskan dengan api lilin. Hasilnya sangat menarik! Kami pun semakin paham setelah belajar dan mempraktikkannya secara langsung.

Saking asyiknya kami belajar dan bermain, tak terasa waktu sudah selesai dengan begitu cepatnya. Kami harus segera merapikan barang-barang yang kami gunakan untuk uji coba kali ini. Sebenarnya, masih banyak pelajaran sains lainnya yang dapat kami lakukan berikutnya. Rasanya kami sudah tidak sabar lagi untuk segera mencobanya! Semoga minggu depan ada lagi pelajaran seperti ini lagi. Nah, sekian cerita kami dalam kegiatan sains kali ini..! Semoga cerita kami dapat menginspirasi kalian untuk terus belajar dan mencoba hal-hal yang baru.

boost the values reap the success