| |

Yeeeaaay…! They Start to Grow!

menanam_04.jpgmenanam_02.jpgmenanam_01.jpgmenanam_03.jpgmenanam_05.jpg

Horeeee…!!! Kecambahku mulai bertumbuh! Beberapa hari yang lalu, seluruh siswa kelas II SD Kristen Petra 9 membawa biji kacang hijau, kapas, dan gelas air mineral bekas. Tahukah kalian apa yang akan kami lakukan? Yups! Betul sekali! Pada pelajaran sains kali ini, kami akan mengamati pertumbuhan tanaman.

Menariknya adalah kami tidak menanam di tanah, tetapi di kapas yang kami bawa itu. Hmmm… apa bisa ya, menanam di kapas? Ternyata… kata ibu guru kami, kapas bisa digunakan untuk menanam. Kami pun tidak sabar ingin melihat pertumbuhan kacang hijau itu. Sambil menunggu pertumbuhan kacang hijau, kami juga mengamati tanaman yang ada di lingkungan sekolah kami. Kami juga disuruh menggambarkan beberapa contoh tanaman yang kami amati itu. Ternyata, pertumbuhan tiap tanaman itu berbeda-beda. Ada tanaman yang cepat bertumbuh, namun juga ada tanaman yang tidak bertumbuh dengan cepat.

Tanaman membutuhkan air dan sinar matahari untuk bertumbuh. Setiap pagi hari, kami memberi air secukupnya pada kacang hijau kami masing-masing. Selama satu minggu lebih dalam bulan September 2019 itu, kami mengamati pertumbuhannya. Waaaww… setelah beberapa hari kami siram, kacang hijau itu sudah mulai bertumbuh menjadi kecambah. Senang sekali kami bisa melihat tanaman kami bertumbuh, meskipun tingginya berbeda-beda.

boost the values reap the success