| |

Let's be The Sparkling Kids 

melompat...melompat...
melompat seperti kelinci
satu dua satu dua
melompat yang tinggi

image_003.jpgimage_005.jpgimage_002.jpgimage_001.jpg

Nah, itu adalah salah satu penggalan lagu yang dinyanyikan dengan penuh semangat oleh anak-anak TK B yang mengikuti acara Sparkling Kids Festival yang diadakan oleh SD Kristen Petra 9. Sabtu pagi di tanggal 5 Desember 2020, SD Kristen Petra 9 mengadakan acara yang bertujuan agar anak-anak TK B dapat mengenal lebih dalam tentang nilai-nilai kristiani melalui nilai PETRA yang diajarkan di sekolah-sekolah Petra.

Anak-anak TK B yang bergabung tidak hanya berasal dari TK Petra saja, namun juga dari TK luar yang ada di sekitar Surabaya dan Sidoarjo. Mengingat masih adanya pandemi covid-19, maka acara ini diadakan secara virtual menggunakan aplikasi zoom. Meskipun begitu, anak-anak sangat antusias mengikuti setiap permainan yang diadakan. Anak-anak sangat bersemangat mengikuti setiap permainan yang diadakan di masing-masing pos, terlebih ketika mengetahui hadiah-hadiah yang akan mereka dapatkan di setiap pos. Anak-anak mendapatkan goodie bag yang berisi tempat pensil, masker, alat tulis, balon, dan tentunya hadiah utama yakni piala.

Anak-anak tidak bosan mengikuti acara Sparkling Kids Festival yang berlangsung selama 2 jam ini, karena acaranya dikemas dengan sangat menarik, terutama saat anak-anak menampilkan bakatnya bercerita pada saat di pos Talent Development. Mereka sangat berani menampilkan kemampuan bercerita di depan orang lain dengan penuh percaya diri.

Tidak hanya anak-anak TK B yang diberikan kemampuan oleh Tuhan untuk menunjukkan talenta yang Tuhan beri, kalian pun juga bisa seperti mereka. asalkan kalian mau berusaha. Let's be the sparkling kids bersama SD Kristen Petra 9......yes..yes..yes!

Imunisasi di Masa Pandemi, Siapa Takut?

Pandemi covid-19 yang sudah berlangsung kurang lebih 9 bulan ini mengharuskan kita semua untuk selalu menjaga kesehatan. Makan makanan yang bergizi dan olahraga merupakan salah satu satu cara agar tubuh kita selalu sehat. Imunisasi juga merupakan cara menjaga kesehatan tubuh kita. Pada bulan Oktober-Desember anak-anak sekolah akan mendapatkan imunisasi dari pemerintah yang disebut dengan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah).

Image_4.JPGImage_1.JPGImage_3.JPGImage_2.JPG

Pandemi ini belum berakhir, namun pemerintah tetap ingin mengupayakan kesehatan untuk anak-anak Indonesia terutama yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2020, anak-anak kelas I dan anak-anak perempuan kelas V dan VI SD Kristen Petra 9 mengikuti imunisasi yang menjadi program pemerintah. Vaksin MR diberikan untuk anak-anak kelas I, sedangkan vaksin HPV diberikan untuk anak-anak perempuan kelas V dan VI. Meskipun ada ketakutan dari orang tua karena situasi sekarang ini, namun banyak juga yang bersedia mengikutkan anaknya untuk diimunisasi karena sekolah tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Semua dokter yang menangani imunisasi menggunakan baju APD, bahkan sarung tangan yang digunakan oleh dokter selalu diganti setelah menyuntik 1 siswa, sehingga membuat orang tua menjadi semakin yakin untuk mengikut sertakan anaknya untuk imunisasi.

Ketakutan terlihat dari beberapa anak ketika akan diimunisasi, namun imunisasi hari itu tetap berjalan dengan lancar. Bahkan beberapa anak kelas I dengan gagah berani menghampiri dokter yang sudah siap dengan jarum suntik di tangannya. Nah, jika kalian mau sehat apakah kalian juga berani imunisasi seperti anak-anak SD Kristen Petra 9?  

Back to School

Welcome back kids…..!!! Tak terasa bulan Juli sudah datang lagi ya… Hmm… bulan yang biasanya ditunggu-tunggu oleh kalian semua untuk bisa bertemu dengan teman-teman di kelas yang baru, pastinya setelah beberapa minggu libur kenaikan kelas. Bulan Juli juga bulan yang ditunggu oleh Bapak dan Ibu guru SD Kristen Petra 9 lho… untuk bertemu dan berkenalan dengan siswa-siswa dari kelas sebelumnya. Ahhhh…tapi bulan Juli di tahun 2020 ini terasa sangat berbeda dari bulan Juli di tahun-tahun sebelumnya, karena kita masih berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung. Kita pun harus memulai tahun ajaran 2020/2021 dengan cara yang berbeda. Kita harus kembali berjumpa dan saling menyapa melalui aplikasi Zoom.

WhatsApp-Image-2020-07-24-at-09.37.jpgWhatsApp-Image-2020-07-24-at-12.22.jpg

Tahun ajaran baru ini dibuka dengan adanya MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) serta ibadah awal tahun. Pada saat MPLS biasanya anak-anak kelas 1 SD akan diajak untuk mengelilingi lingkungan sekolah bersama-sama supaya mereka bisa mengenali lingkungan sekolah yang baru, akan tetapi kali ini anak-anak diajak mengelilingi kelas secara virtual saja, sunggguh menyedihkan. Walupun hanya melalui aplikasi ternyata semangat anak-anak menyambut tahun ajaran baru ini sungguh luar biasa.  Semua anak antusias mengikuti pelajaran bahkan pada saat mengikuti ibadah awal tahun yang disaksikan lewat youtube. Video ibadah awal tahun bisa menjadi penyemangat anak-anak SD Kristen Petra 9 untuk menjalani tahun ajaran 2020/2021 di tengah situasi corona saat ini. Semangat belajar ya anak-anak!!!! Semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir dan kita bisa kembali belajar seperti dulu serta bisa bermain bersama teman-teman kembali.

 

Bersyukur Dalam Keterbatasan

Hai teman-teman, bagaimana kabar kalian? Semoga semuanya sehat dalam lindungan Tuhan ya… Kondisi yang masih belum kondusif ini masih membuat kita harus melakukan aktifitas dari rumah, termasuk belajar. Namun, beberapa waktu lalu kalian sudah menerima hasil belajar yang diberikan secara online oleh guru kelas. Pasti hasil yang kalian terima adalah hasil yang terbaik selama satu tahun ajaran ini ya. Hasil rapor yang sudah diterima tentu bukan karena hasil usaha kalian saja, akan tetapi juga berkat dari Tuhan. Sudah sepatutnya kita juga menaikkan ucapan syukur atas penyertaan Tuhan selama ini.

Salah satu bentuk rasa ungkapan syukur dari teman-teman SD Kristen Petra 9 ialah dengan memberikan pujian persembahan di beberapa gereja. Pelayanan pujian ini diberikan oleh beberapa teman dari kelas III hingga kelas V. Mereka semua tergabung dalam ekstrakurikuler paduan suara di bawah asuhan Mr. Yoha. Sedangkan Andrea Livina (kelas V) ialah conductur pujian ini. Pelayanan pujian virtual yang berjudul “Semesta Bernyanyi” ini tidak hanya melayani paduan suara di Kota Surabaya saja, namun juga di kota-kota lain selama bulan Mei - Juni 2020. Meskipun dalam keterbatasan namun, teman-teman dari SD Kristen Petra 9 tetap bisa memberikan pelayanan dan menjadi berkat untuk orang lain di beberapa gereja.

Kiranya kita juga bisa menyampaikan rasa ungkapan syukur kepada Tuhan yang sudah menyertai hingga saat ini. Mari kita melayani dengan sukacita.

Paskah di Rumah saja

Hai teman-teman, bagaimana kabar kalian?? Tak terasa hampir 1,5 bulan kita semua belajar di rumah. Pasti kalian semua merindukan suasana belajar di sekolah ya? Belajar bersama teman-teman dan bapak ibu guru. Membayangkan bisa berlari-lari di halaman sekolah pada saat istirahat, bercanda dengan teman-teman sambil makan bekal adalah beberapa hal yang saat ini sangat dirindukan. Namun, saat ini kita tidak bisa melakukan itu semua, karena kita harus mematuhi peraturan dari pemerintah untuk belajar dari rumah saja.

Kayleen 5A tugas 1 Kelly 4B

Tidak hanya belajar dari rumah, kita saat ini juga dibatasi saat merayakan hari raya paskah. Paskah kali ini pun berbeda dari paskah di tahun-tahun sebelumnya. Kita harus merayakan paskah di rumah. Perayaan paskah di rumah juga dilakukan oleh anak-anak SD Kristen Petra 9, berbagai kegiatan dilakukan anak-anak di rumah mulai dari tanggal 6-14 April 2020. Ada kegiatan membacakan puisi tentang paskah, menyanyikan lagu paskah, membuat slogan tentang paskah di rumah saja, membuat celengan doa, dan masih banyak lagi. Meskipun di rumah saja, kita bisa tetap merayakan paskah bersama keluarga kita. Semoga pandemi covid-19 ini bisa segera berlalu dan kita bisa belajar normal seperti semula. Happy passover teman-teman!!

Melvern 4B

boost the values reap the success