| |

Membakar Semangat dengan Pramuka

“Pramuka ………
Pramuka ………
Praja Muda Karana
Yeeeees!!!!!!!!!!”

Itulah teriakan yang penuh semangat yang kuucapkan sambil melakukan tepuk pramuka. Aku sangat senang ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di hari itu. Kegiatan ekstra pramuka yang diadakan setiap hari kamis selalu kutunggu-tunggu. Aku selalu dibuat penasaran dengan kegiatan yang diberikan oleh kakak-kakak Pembina.

4.jpg1.jpg2.jpg

Di awal semester II ini, aku dan teman-teman kelas 3 SD Petra 9 diajak oleh kakak Pembina melakukan kegiatan ekstra pramuka di luar kelas. Kegiatan kali ini kami semua diajak bermain di lapangan. Di lapangan sekolah sudah terlihat beberapa tempat yang akan digunakan untuk kegiatan. Menurutku pos yang paling menantang adalah melewati halang rintang yang dibuat dari bangku-bangku panjang yang ditali menggunakan tali pramuka. Kami harus melewatinya dengan cara merangkak di bawah bangku-bangku itu. Meskipun dengan susah payah aku dan teman-temanku berhasil melewatinya….yaaaaaaaay!! Senang sekali…

Kegiatan pramuka itu tidak hanya menyenangkan, aku jadi belajar tentang kerja sama, menyelesaikan masalah, mandiri, berani, dan masih banyak lagi. Semangat mengikuti kegiatan pramuka ya teman-teman!

To be a Better Me

Ku istimewa kata Yesus
Ku berharga Alkitab mengatakan
Ku istimewa kata Yesus
Ku dibeli bukan dengan emas perak
Tapi darah Yesus

23.jpg11.jpg15.jpg1.jpg3.jpg20.jpg

Nah… itu adalah sepenggal dari pujian yang sempat kami nyanyikan di acara camp kelas V SD Kristen Petra 9 yang diadakan pada tanggal 18-20 September 2019. Aku ingat sekali, ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan sangat kami tunggu.

Sehari sebelumnya, aku sudah meminta tolong mama untuk menyiapkan keperluanku selama tiga hari di Griya Kusuma Indah, Pacet, nanti. Akhirnya… hari yang aku dan teman-teman nantikan datang juga. Kami berangkat dengan hati riang gembira. Setibanya di sana, kami disambut dengan acara yang sangat menarik. Ruangan aula pun sudah didekorasi untuk menyambut kedatangan kami semua.

Pengalaman yang luar biasa untukku. Pertama kalinya selama dua malam aku akan tidur tanpa ditemani oleh papa ataupun mama, karena aku akan tidur bersama teman-teman dan guruku. Selain itu, kegiatan di sana sangatlah menyenangkan. Kami mengikuti permainan yang sudah disiapkan dalam kegiatan outbound, berbagi cerita (sharing) tentang keistimewaan kami masing-masing dalam kelompok, serta mendengarkan firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Deddy Gunawan.

Setelah kami mendengarkan penjelasan dari Pdt. Deddy, aku menjadi semakin mengerti jika kita itu mempunyai kelebihan dan keunikan masing-masing. Kita harus bersyukur dengan kelebihan yang kita miliki. Bahkan, kelebihan yang kita miliki itu harus bisa menjadikan kita lebih baik lagi dan menjadi berkat bagi orang lain di sekitar kita.

Semangat di Tahun Ajaran Baru

semangat 03
Saatnya masuk sekolah teman…  Dan... sudah banyak Bapak Ibu Guru yang menanti setiap kedatangan para siswanya di depan pintu. Cerianya hari pertamaku masuk sekolah setelah libur yang cukup panjang. Di mana ya kelasku??... 
“Good morning...” sapa guru-guru dengan sangat ramah. “Good morning miss, good morning sir..” jawabku. Bahagia rasanya bisa melihat teman-teman, ada juga temanku yang baru, guru, dan tentunya kelas baruku. 
semangat 02

Hari ini, kami diperkenalkan dengan banyak hal baru di sekolah. Salah satunya, siswa-siswi kelas I yang diajak berkeliling untuk mengenal lingkungan sekolah SD Kristen Petra 9. Yang lebih seru lagi, siswa-siswi kelas I juga diajak berbagai macam kegiatan, antara lain bercocok tanam, mengenal binatang, praktik mencuci tangan sebelum makan, melihat sosio drama, dan masih banyak aktifitas yang dilakukan oleh siswa-siswi Kelas I. Rasa bangga dan kecintaan terhadap sekolah akan tertanam. Peraturan-peraturan di kelas yang baru pun dan beberapa pelajaran yang ada di jenjang yang baru ini mulai diperkenalkan kembali oleh Ibu Guru di kelas masing-masing.  Teman-teman... kita awali tahun ajaran baru ini dengan penuh keyakinan bahwa Tuhan senantiasa menyertai kita! Semangaaat!!!! God Bless…….

semangat 01

Salam Pramuka

 
21.jpg50.jpgDSC_0097.jpgDSC_0179.jpg25.jpg

Jumat, 7 Desember 2018 menjadi hari yang sangat menyenangkan bagi siswa-siswi Kelas IV, karena diadakan Perkemahan Satu Hari (Persari) yang dilakukan di SD Kristen Petra 9. Sejak pagi ketika mereka menginjakkan kaki ke sekolah, sudah terlihat wajah-wajah peserta yang sangat gembira dan bersemangat. Sebanyak 101 peserta sudah siap dengan perlengkapan pramukanya masing-masing. Dasi, topi, ikat pinggang, dan tentunya seragam cokelat pramuka. Tidak kalah kompak, para guru pembina pun sudah sangat siap dan bersemangat untuk event menggembirakan hari itu.

Terlihat sudah ada beberapa tenda yang bisa digunakan untuk anak-anak beristirahat, bendera yang sudah terpasang di atas tongkat-tongkat yang telah dirakit oleh kakak-kakak pembina, serta pos-pos yang harus dilalui tiap-tiap regu peserta.
Kak Theresia dan Kak Antonius memberi aba-aba untuk semua peserta PERSARI agar segera berkumpul di lapangan  karena acara akan segera dimulai dengan upacara. Setelah upacara pembukaan selesai, seluruh peserta bersama-sama dengan kakak pembina makan siang terlebih dahulu, barulah setelah itu semua peserta yang sudah dibagi ke dalam regu menempati pos yang telah diatur sebelumnya dan setiap regu bertugas untuk melewati setiap rintangan yang ada.

Masing-masing pos memiliki rintangan yang berbeda-beda yang harus diselesaikan. Permainan dan rintangan yang dibuat bertujuan untuk melatih pengendalian diri, ketangkasan, keberanian, dan kerja sama dari masing-masing peserta.
Setelah semua rintangan dalam masing-masing pos berhasil diselesaikan oleh masing-masing regu, maka tibalah saatnya siswa menantikan pengumuman pemenangnya. Ketika pengumuman disampaikan, terdengar sorak gembira dari setiap regu yang disebutkan untuk meraih juara. Seluruh peserta terlihat puas dan bergembira hari itu.

Acara ditutup dengan upacara, doa, serta ucapan syukur atas kekuatan, sukacita, dan cuaca yang baik yang Tuhan berikan pada hari itu, sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan sangat menyenangkan....

Sampai jumpa di PERSARI tahun depan !! Salam Pramuka !!

Petra Berjaya Indonesia Meraja

petra berjaya 01

Kepada Sang Merah Putih Hormat graaaaak…..!! Seruan lantang terdengar dari sang pemimpin upacara ketika Sang Merah Putih mulai dibentangkan. Seluruh peserta upacara berdiri tegak dan tangan kanan berada di sebalah pelipis mata, tanda penghormatan pada Sang Merah Putih.

petra berjaya 02

boost the values reap the success