| |

Koin untuk Sesama

Untuk mewujudkan pendidikan karakter tentang berbagi, kami siswa SD Kristen Petra 9 diberi kesempatan untuk menyalurkan berkat yang telah kami terima dari Tuhan. Pada awal bulan Februari, setiap hari selama satu minggu, kami menyisihkan sebagian dari uang jajan, misalnya Rp 500,00 atau Rp 1000,00 atas persetujuan orang tua, berupa uang koin.
Uang-uang koin ini kami masukkan ke dalam sebuah celengan yang sudah disiapkan di kelas. Uang-uang koin yang terkumpul akan digunakan untuk membeli sesuatu yang sederhana namun bermanfaat dan akan diberikan kepada satpam/pesuruh/petugas kebersihan yang ada di sekolah.
Pada minggu kedua, semua uang koin yang sudah terkumpul tersebut kami belikan sembako, handuk, sabun, sikat gigi, pasta gigi, detergen, dan ember.
Melalui kegiatan tersebut, kami merasa senang karena dapat menjadi saluran berkat bagi orang lain melalui langkah kecil untuk mau berbagi. Kami melihat senyum bahagia pada wajah-wajah bapak dan ibu pesuruh/satpam/petugas kebersihan pada waktu menerima pemberian kami.
Yuk… kita terus berbagi, sehingga kita dapat semakin menjadi berkat bagi sesama. Tuhan Yesus memberkati.

koin_sesama_4.jpgkoin_sesama_3.jpgkoin_sesama_5.jpgkoin_sesama_2.jpgkoin_sesama_1.jpg

Kristus Teladanku

kristus teladanku 01

Menjadi pribadi yang baik tentu saja merupakan harapan setiap orang. Sekolah merupakan salah satu tempat yang dapat membantu mengembangkan potensi dan karakter siswa menjadi lebih baik. Untuk dapat mewujudkannya, SD Kristen Petra 9 memiliki program unggulan yang  disebut Kompas Generasi Baru (KGB). KGB merupakan seuatu kegiatan pendidikan karakter yang dikemas dengan sangat manarik dan menyenangkan karena memadukan antara pengembangan potensi yang didasari dengan nilai-nilai kristiani.

kristus teladanku 02

Pada pelaksanaannya, setiap jenjang kelas memiliki topik-topik yang berbeda sesuai dengan tahap perkembangan siswa. Melalui topik-topik tersebut, para siswa diharapkan dapat meneladani sifat dan karakter Kristus dalam kehidupannya sehari-hari. Beberapa sifat Kristus yang diajarkan kepada manusia ialah sifat mau mengampuni, mengasihi sesama, jujur, rela berkorban dan masih banyak lagi. Salah satu bentuk penerapan dari sifat Kristus yang dilakukan oleh siswa misalnya peduli kepada orang lain dengan cara memberi bantuan kepada orang lain di sekitarnya yang membutuhkan.

WHO'S YOUR IDOL?

Apa yang terlintas dalam benak kalian ketika ada orang yang bertanya, siapa idolamu? Banyak di antara kalian menjawab Justin Bieber, Captain America, atau sejumlah nama artis atau tokoh terkenal yang sering muncul di film atau televisi. Bukanlah sesuatu yang salah mengidolakan tokoh-tokoh tersebut. Tapi bagaimana dengan Tuhan Yesus? Adakah di antara kalian yang dengan sungguh-sungguh mengidolakan Sang Juru Selamat kita ini?
Melalui kegiatan retreat siswa kelas V yang diadakan oleh SD Kristen Petra 9, para siswa diharapkan mendapatkan bekal dan pengarahan yang jelas mengenai sosok seperti apa yang dapat mereka idolakan.
Terdapat tiga sesi pada retreat yang diadakan selama tiga hari, dua malam yaitu pada hari Kamis, 15 September 2016 sampai dengan hari Sabtu, 17 September 2016. Sesi pertama mengangkat tema “Siapakah Aku”. Dalam sesi tersebut, anak-anak diajak untuk mengenal dirinya lebih baik lagi sehingga semakin menyadari, bahwa ia diciptakan serupa dan segambar dengan Allah. Sesi kedua mengambil tema “Aku Ingin Menjadi”. Setelah siswa mengenal dirinya dengan baik, di sesi kedua ini siswa diajak untuk berpikir, ingin menjadi orang seperti apa kelak? Berlandaskan firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Andreas Catur W., S.Th. siswa diajak serta didorong untuk meneladani Tuhan Yesus dalam perjalanan mereka meraih cita-cita dan impiannya. Dalam sesi terakhir pada hari pertama, tema yang digunakan adalah “Yesus Sang Idola”. Setelah sesi ketiga berakhir, acara selanjutnya adalah “Dedication Service”, di mana anak-anak diajak untuk merefleksikan dirinya melalui perenungan malam dengan suasana yang penuh dengan hadirat Tuhan.
Hari kedua dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan outbond, sharing, Petra Junior Got Talent, dan acara api unggun. Meskipun hari itu cukup melelahkan bagi para peserta, tetapi semangat dan sukacita mereka tidak pudar begitu saja. Para peserta mengikuti sesi demi sesi dengan kebahagiaan yang terpancar dari wajahnya.
Hari ketiga tidak begitu padat. Setelah makan pagi, doa bersama, pemberian kesan dan pesan, serta ibadah penutup, siswa diajak untuk kembali ke Surabaya pada pukul 10.30. Para peserta tiba di sekolah pukul 13.15 dengan sukacita baru dan hidup yang sudah dipulihkan.

bible_camp_5.jpgbible_camp_1.jpgbible_camp_3.jpgbible_camp_2.jpgbible_camp_4.jpg

KELEMBUTAN

Dibutuhkan keberanian dan pengorbanan untuk memiliki hati yang lemah lembut. Kelembutan hati apalagi melupakan kesalahan orang lain, lebih sulit dilakukan khususnya oleh anak-anak. Seperti tema kreativitas SD Kristen Petra 9 untuk kegiatan pendidikan karakter pada hari Sabtu tanggal 12 Maret 2016 dengan tema kelembutan.
Sesuai tema tersebut pada kegiatan kreativitas, siswa kelas II – III kembali diajarkan untuk memiliki hati, sikap dan perkataan yang lemah lembut melalui kegiatan role play singkat berdasarkan kasus/masalah yang telah disiapkan oleh guru di kelas. Siswa cukup bersemangat dalam melakukan perannya, terutama bagi mereka yang memerankan ”Sang lemah lembut”

Sedangkan untuk kelas IV – VI, siswa diajak untuk dapat menunjukkan sikap yang lemah lembut dalam kegiatan yang dilakukan secara berkelompok. Siswa secara berkelompok membuat mozaik ”kelembutan” dengan waktu yang sudah ditentukan. Melalui kegiatan tersebut, ada kelompok yang dapat menunjukkan kelembutan, namun ada pula kelompok yang tidak dapat menunjukkan kelembutan sehingga pekerjaan mereka tidak dapat diselesaikan dengan maksimal. Bagi kelompok yang dapat menunjukkan kelembutan selama kegiatan berlangsung, mereka mendapat reward berupa pembatas buku yang bertuliskan ”kasih pasti lemah lembut”. Ayo kita belajar untuk memiliki kelembutan hati, karena dengan kelembutan hati kita bisa menjalani hidup lebih positf dan tidak terbebani rasa marah

kelembutan_2.jpgkelembutan_1.jpgkelembutan_3.jpg

Tidak Menyalahkan Orang Lain

Pada tanggal 17 Oktober 2015, SD Kristen Petra 7 melaksanakan kegiatan pendidikan karakter kristiani dengan tema "tidak menyalahkan orang lain". Berikut laporannya.

tidak_menyalahkan_orang_lain_02.jpgtidak_menyalahkan_orang_lain_03.jpgtidak_menyalahkan_orang_lain_04.jpgtidak_menyalahkan_orang_lain_05.jpgtidak_menyalahkan_orang_lain_01.jpg

Kegiatan kelas II-III ”Luncurkan Bolamu”

Para siswa SD Kristen Petra 9 nampak bersemangat dalam melakukan permainan mengalirkan bola melalui pipa yang terbuat dari kertas. Permainan “Luncurkan Bolamu” diikuti oleh siswa kelas II – III, mereka membetuk kelompok-kelompok. Tugas masing-masing kelompok adalah mengalirkan bola sampai garis finish, jika bola yang dialirkan jatuh harus mengulang dari start. Melalui permainan ini siswa dapat belajar tentang bagaimana harus bersikap kepada diri sendiri maupun orang lain ketika mengalami kegagalan (tidak mudah mempersalahkan orang lain).

Kegiatan kelas IV-VI ”Tiup...Tiup...Bola”

Para siswa kelas IV-VI nampak sedang berusaha menggiring bola dengan cara meniup bola secara bersama-sama menggunakan sedotan, jika bola terjatuh maka kelompok harus mengulang dari start. Kelompok yang berhasil menggiring bola sampai finish dengan cepat adalah pemenangnya. Melalui permainan ini siswa dapat belajar tentang bagaimana harus bersikap kepada diri sendiri maupun orang lain ketika mengalami kegagalan dalam berbagai hal yang sedang mereka lakukan (tidak mudah mempersalahkan orang lain).

boost the values reap the success