| |

Yuk, Jangan Takut Mencoba!

Hai teman-teman namaku Stella Gracellyn Sinaga murid kelas 3C di SD Kristen Petra 9. Dulu aku tidak menyangka jika bisa berprestasi hanya dengan membaca puisi. Pengalaman pertama waktu mengikuti lomba membaca puisi saat memperingati HUT RI tahun lalu. Awalnya aku ragu mengikuti lomba ini, meskipun orang tuaku sudah memberikan semangat, karena takut gagal dan tidak menjadi juara. Namun karena orang tuaku terus memotivasi, akhirnya aku ikut dan  tidak menyangka aku bisa menang lomba membaca puisi yang diadakan oleh SD Kristen Petra 9.

WhatsApp_Image_2021-03-26_at_20.04.07_2.jpegWhatsApp_Image_2021-03-26_at_20.04.07.jpegWhatsApp_Image_2021-03-26_at_20.04.07_1.jpeg

Setelah perlombaan tersebut, akhirnya kepercayaan diriku mulai bertumbuh. Atas saran dan dukungan dari orang tua serta guru-guru yang mengajar aku semakin percaya diri ketika diminta untuk mengisi acara membaca puisi ataupun mengikuti perlombaan membaca puisi baik yang diadakan dari PETRA mapun Dinas pendidikan. Orang tua selalu mendampingi ketika aku akan mengikuti lomba membaca puisi, guru di sekolah juga memberi dukungan mengajariku membaca puisi dengan penuh penghayatan.

Puji Tuhan, aku bisa menjadi juara III membaca puisi tingkat Kota Surabaya yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya pada bulan Februari 2021. Teman-teman jangan pernah ragu ataupun takut untuk mencoba ketika akan mengikuti suatu perlombaan, menang ataupun kalah itu adalah hal yang biasa dalam sebuah perlombaan, yang terpenting kita mau mencoba dan berusaha pasti kita akan mendapatkan hasil yang terbaik suatu saat nanti. Semangat!!

Meski Pandemi Belum Berlalu, Aku Tetap Ingin Berprestasi

WhatsApp Image 2021 01 24 at 15.55.24Tahun 2020 sudah berlalu, kita sudah memasuki awal tahun 2021. Keadaan di Indonesia masih diliputi pandemi covid 19 dan kita semua berharap vaksin segera diberikan ke seluruh rakyat Indonesia sehingga kita bisa bertemu kembali dengan teman-teman dan guru serta bisa bersekolah di SD Petra 9. Namun, saat ini kita masih harus sabar menunggu keadaan bumi kita ini membaik, sehingga kita pun masih melanjutkan sekolah jarak jauh.

Sekolah online yang diadakan setidaknya mengobati rasa kangen kepada teman-teman dan guru di tengah rasa bosan karena setiap hari harus di rumah saja. Meskipun begitu kita harus tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh ini. Semangat untuk belajar ditunjukkan oleh anak-anak SD Petra 9, tak hanya itu saja beberapa anak juga tetap ingin berprestasi dengan mengikuti berbagai macam perlombaan yang diadakan secara virtual. Semangat anak-anak mengikuti lomba yang diadakan oleh sekolah-sekolah Petra sangat luar biasa. Sederet perlombaan yang diikuti membuktikan bahwa mereka tetap ingin menunjukkan prestasi mereka di tengah keterbatasan situasi. Aurelia Natalie Ayningtyas (kelas V) berhasil menjadi juara 2nd winner of English Olympiad pada bulan Desember 2020 yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 1. Sedangkan di bulan Januari 2021 Britany Charlene (kelas V) berhasil memenangkan juara pertama lomba Science and Math, serta Karen Eustacia (kelas V) menjadi juara kedua lomba Art yang diadakan oleh SMP Kristen Petra 1.

Sebetulnya tidak hanya Aurel, Britany, dan Karen saja yang mengikuti perlombaan secara virtual masih banyak anak-anak lain yang mengikuti, akan tetapi belum mendapatkan kesempatan untuk menjadi juara. Namun tidak perlu putus asa, kalian juga bisa menunjukkan pretasi yang kalian miliki seperti teman-teman kalian di perlombaan-perlombaan berikutnya. Mungkin di perlombaan berikutnya kamu adalah pemenangnya. Semangaaaat!!!!!

WhatsApp Image 2021 01 24 at 15.55.32

Majulah Indonesiaku, Majulah Negriku

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Mer…de…ka

DSC_0391_3.jpgDSC_0351_4.jpgDSC_0388_2.jpgDSC_0353_5.jpgDSC_0379_1.jpg

Itulah sepenggal lagu yang dengan bangga kita nyanyikan di setiap bulan Agustus untuk memperingati hari kemerdekaan Negara Indonesia. Tahun ini Indonesia merayakan HUT yang ke-75. SD Kristen Petra 9 selalu mengadakan perlombaan untuk memeriahkan HUT RI dengan tujuan agar siswa-siwa SD Kristen Petra 9 memiliki jiwa nasionalisme. Perayaan HUT RI kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini perlombaan diadakan secara virtual.

Lomba mewarnai dan menyanyikan lagu perjuangan diperuntukkan bagi siswa kelas I dan II. Lomba menghias bekal bertema HUT RI dan membaca puisi kemerdekaan untuk kelas III dan IV. Sedangkan untuk kelas V dan VI adalah lomba story telling dan menghias masker.

Semarak kemerdekaan HUT RI juga dimeriahkan dengan diadakannya give away yang diikuti para siswa di instagram SD Kristen Petra 9. Kiranya semangat para pahlawan dapat dilanjutkan dan terus dimiliki oleh para siswa terutama semangat untuk belajar memerangi kebodohan. Semangat belajar yang harus berkobar meskipun belajar dari rumah. Teruslah berprestasi bagi NKRI. Merdeka…!!

Piala-Piala untuk Sekolahku

DSC 0528SD Kristen Petra 9 memiliki generasi muda yang berprestasi dalam dunia olimpiade bidang matematika. Salah satunya bernama Michelle Stephanie Wongso, siswa kelas VI-A. Michelle berhasil lolos seleksi dua puluh besar dari ASMOPSS (Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary and Secondary School) 2019, yang diselenggarakan oleh Prof. Drs. Yohanes Surya, M.Sc., Ph.D.. Setelah lolos seleksi dua puluh besar, Michelle mengikuti proses karantina selama tiga hari di Tangerang. Proses karantina ini bertujuan menyeleksi delapan peserta terbaik untuk menjadi tim nasional ASMOPSS Indonesia.

Berkat perjuangan belajar yang keras, support dari semua guru, serta penyertaan Tuhan, akhirnya Michelle dapat lolos seleksi final ASMOPSS. Rasa percaya diri dan semangat Michelle yang besar membuat dia yakin akan berhasil dalam final ASMOPSS yang dilaksanakan pada tanggal 15-19 November 2019, di Hotel Ara Gading Serpong, Tangerang. Final ASMOPSS ini diiikuti oleh 128 peserta yang berasal dari enam negara, yaitu: Singapura, Filipina, Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Indonesia. Dalam final ini, Michelle berhasil meraih medali perunggu untuk lomba individu, dan meraih gelar Juara II (runner up) untuk tim ASMOPSS Indonesia (Math and Science).

Ketertarikan Michelle di bidang matematika memang ada sejak kecil. Dia sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan angka, berhitung, dan menjawab soal-soal logika. Kegagalan dalam olimpiade matematika sebelumnya, dijadikan cambuk bagi dirinya untuk meraih kesuksesan. Semua perjuangan yang dilakukan Michelle ini tentunya mengharumkan nama sekolah Petra, khususnya SD Kristen Petra 9, serta membahagiakan orang tuanya. Terima kasih Tuhan atas talenta yang sudah Tuhan berikan kepada Michelle.

News Anchor Competition

IMG20190908203857Hari itu tepatnya Jumat tanggal 6 September 2019 saya Sesilia Tria Cahyani dan teman saya Sidney Timothy Putra Maryadi dari SD Kristen Petra 9 mengikuti lomba News Anchor tingkat SD dalam ajang Edufun Fest  yang diselenggarakan oleh Jawa Pos yang bekerjasama dengan EF. Acara ini dilaksanakan di atrium mall PTC. Penonton mulai dari kalangan anak-anak, para orangtua peserta lomba, para guru memenuhi area di sekitar panggung. Lomba dimulai pukul 14.00. Kami adalah peserta yang tampil pada nomer urut 7. Kami duduk dengan tenang untuk menunggu giliran tampil. Jantung semakin berdetak kencang tatkala peserta nomer 6 sudah selesai. Kami berdua naik ke atas panggung untuk menampilkan berita terkini yang sudah kami persiapkan yaitu tentang JFFF (Jakarta Fashion and Food Festival). Sesudah tampil, kami pun merasa lega, yang terpenting adalah kami sudah berusaha menyajikan berita dalam Bahasa Inggris dengan semangat, percaya diri dan semampu kami.

Minggu tanggal 8 September 2019 nama kami tercatat sebagai pemenang juara ke tiga dalam lomba News Anchor. Yeeyyy.......betapa senang hati kami!!! Kami sungguh mengucap syukur atas kesempatan yang sudah Tuhan berikan untuk ikut ambil bagian dalam lomba ini dan akhirnya kami bisa masuk dalam juara. Kami menghadiri acara penyerahan hadiah sekaligus penutupan Edufun Fest 2019 yang dilasksanakan di tempat lomba yaitu atrium mall PTC. Malam itu sangat semarak sekali karena penyerahan hadiah dilakukan untuk semua kategori lomba yang diadakan baik mulai tingkat TK, SD sampai SMP. Para fotografer dari Jawa Pos juga terlibat untuk mendokumentasikan acara penutupan ini. Sungguh pengalaman yang menarik buat kami. Nah... ayo teman-teman jangan pernah malu untuk menunjukkan talenta yang kalian miliki. Semangat untuk meraih prestasi!!!!

boost the values reap the success